Skip to content
October 29, 2008 / kingthunder

Sri Sultan HB X for President

Guys gw disini tidak sedang bernubuat ataupun menyatakan bahwa ini adalah suara Tuhan but ini sesuatu perjalanan menuju pemilihan presiden 2009 yg gw rasakan perlu untuk digarisbawahi untuk didoakan. Hal ini bermula dari postingan gw sebelumnya mengenai berita raja-raja Nusantara *click here* yg berkumpul di Salatiga untuk menyambut peringatan 100 tahun Kebangkitan Nasional. So guys ini ada liputan dari berbagai sumber yg terkini tentang kesediaan Sultan menjadi Capres di thn 2009. Enjoy the ride … *keep praying*

Yogyakarta: Sri Sultan Hamengku Buwono X akhirnya memenuhi harapan ribuan warga yang memenuhi alun-alun utara Daerah Istimewa Yogyakarta. Sri Sultan Hamengku Buwono X akan bertemu rakyatnya dalam acara Pisowanan Ageng. Rencananya acara tersebut berlangsung pukul 14.00 WIB di Alun-Alun Keraton Yogjayakarta. Acara seperti ini pernah digelar pada 1998 saat reformasi.

Diperkirakan ratusan ribu warga Yogyakarta akan hadir dalam acara tersebut. Reporter SCTVBayu Sutiono melaporkan, sebelum acara berlangsung hujan lebat mengguyur Alun-Alun Yogyakarta. Dua hari terakhir awan mendung memang selalu menggayuti Kota Yogyakarta.

Dari 118 kerajaan se-Nusantara, sebanyak 45 raja dari seluruh Nusantara akan hadir dalam kegiatan ini. Berikut beberapa nama-nama raja dari Kerajaan/Kesultanan/Saoraja Puri/Puro/Keraton/dan lembaga adat yang akan menyampaikan aspirasi terhadap Sultan:

1.    Kesultanan Siak Indrapura, Kekerabatan Resam Kel. Kerajaan Siak Sri Indrapura H Tengku Muchtar Anum/Pengetua Resam.
2.    Lembaga Adat Minangkabau/Ketua FSKN Sumbar Datuk Rajo Sulaiman Let Jen TNI (Purn) Ir. Azwar Anas/Sesepuh Adat.
3.    Kerajaan Lampung/Majelis Penyeimbang Adat Lampung/Ketua FSKN Lampung Drs H A. Nurdin Muhayat/Suttan Pangiran Sempurna Jaya/Pemangku Adat.
4.    Panembahan Surasowan (Kesultanan Banten)/Lembaga Adat Ketua FSKN Banten Drs. Tubagus Ismetullah Wase Al Abbas/Pemangku Adat.
5.    Kesultanan Kecirebonan (Cirebon) Gusti Pangeran Raja Abdul Gani Nataningrat, SE.
6.    Keraton Surakarta Hadiningrat ISKS Paku Buwuno XIII Tedjowulan.
7.    Kerajaan Jembrana – Puri Agung Negara/Ketua FSKN Bali Drs. A.A. Gde Agung, SE.
8.    Kerajaan Buleleng – Puri Agung Singaraja A.A. Ngurah Ugrasena.
9.    Kerajaan Insana Timor/Ketua FSKN NTT Drs. TH. L. Taolin.
10.    Kerajaan Amabi Gedeom Broery Amabi.
11.    Kerajaan Amanuban Nesi Nope.
12.    Keraton Panembahan Ismahayana Landak/Ketua FSKN Kalbar Pangeran Ratu Drs. Gusti Suryansyah Amirudin, M.Si.
13.    Istana Kadriah (Qadriyah) Kesultanan Pontianak Syarif Abubakar Alkadrie-Sultan Pontianak IX.
14.    Kesultanan Bulungan-Tanjung Palas/Ketua FSKN Kaltim Drs. Datuk Dissan Maulana DI /Raja Muda.
15.    Keraton Sambaliung-Berau Datuk Hasanudin.
16.    Saoraja La Inggi Belo Bakaru Pinrang / Lembaga Adat H. Andi Muh. Sholeh Petta Tantra PB/Pemangku Adat.
17.    Kerajaan Banggai-Pulau Banggai /Ketua FSKN Sulteng Ir. Iskandar Zaman.
18.    Mejelis Latupati /248 Kepala Desa /Raja-raja Maluku/Ketua FSKN Maluku Ir. Abdullah Malawat /Kerajaan Mamala.
19.    Perdana Menteri Kesultanan Asahan /Ketua FSKN SUMUT HT Yose Rizal, SE.
20.    Kesultanan Deli (Medan)/Lembaga Adat Tuanku Mahmud Laman Djiji-Diwakili Kepala Urung XII Dtq Adil Freddy Haberham, SE.
21.    Kesultanan Negri Langkat Tuanku Azwar Abdul Djalil Rachmat Syah Al Haj, SE.
22.    Kesultanan Asahan Dr Kamal Abraham Abdul Anum/Pengetua Resam.
23.    Keraton Kerajaan Gunung Tabur H Ayub Iskandar.
24.    Ketua FSKN /Kerajaan Badung Bali /Puri Agung Denpasar Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan (Raja Denpasar IX).
25.    Sekjen FSKN / Ketua LP2K Kph. Gunarso G. Kusumodiningratan (Dewan Pengurus Yayasan PB XII)
26.    Bendahara FSKN A Fanggiday.

Selain itu digelar juga kirab atau festival budaya yang berlangsung dari lima titik Kota Yogyakarta menuju Alun-Alun. Ada juga panggung musik yang dimeriahkan artis ternama, seperti Katon Bagaskara.

Agenda penting kali ini adalah kesediaan Sultan menjadi presiden pada Pemilihan Umum 2009. Sedikitnya 3.000 polisi diterjunkan ke lokasi acara untuk mengamankan kegiatan.

“Saya siap maju menjadi calon presiden 2009,” ucap Sultan saat pidato singkat dalam acara Pisowanan Agung, Selasa (28/10) petang. Kesediaan Sri Sultan itu pun langsung disambut gegap gempita oleh massa.

Saat berdialog dengan reporter SCTV Bayu Sutiyono, Sri Sultan mengaku lega setelah dirinya menyatakan siap bertarung dalam Pemilihan Presiden 2009. Menurut Sultan Yogya, keinginan rakyat untuk mencalonkan dirinya memang sudah lama tercetus. Di mata Sultan, rakyat sudah memendam lama untuk melihat perubahan, terutama keadaan negeri ini. “Bagi saya momentum itu sangat menentukan, proses itu sangat menentukan,” ujar Sultan.

Bersamaan dengan pernyataan kesediaan Sri Sultan HB X menjadi calon presiden, Partai Republika Nusantara atau Republikan menegaskan dukungan kepada Sultan. Namun, menurut sejumlah pengamat, Sri Sultan masih harus bekerja keras. Sebab, dukungan belum datang dari partai-partai besar seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Golkar.

Dukungan rakyat memang penting. Tapi, dukungan itu akan sia-sia tanpa disokong partai politik. Pasalnya, parpol yang berhak mengajukan kandidat presiden dan wakil presiden pada pemilu 2009 mendatang. Dengan kata lain, kendaraan politik sangat penting.

Sri Sultan sudah bersedia maju sebagai capres. Hanya saja, sejumlah warga Yogyakarta justru mengkhawatirkan kharisma dan pamor Sultan Yogya bakal turun. Kendati demikian, Sultan seolah menepis kekhawatiran tersebut. “Saya siap jadi agen perubahan,” ucap Sultan.

Sumber: Liputan6.com dan sumber2 lainnya.

9 Comments

Leave a Comment
  1. ben / Oct 29 2008 11:35 am

    Ngomong2 gimana caranya kalau mau menyampaikan aspirasi ke Sinuhun Sri Sultan HB X ya ?
    Punya e-mail atau alamat yang bisa dihubungi nggak guys?

  2. bangyos / Oct 29 2008 6:33 pm

    pengaruh Sultan ‘hanya’ seputar Yogya dan sebagian Jawa Tengah, tidak bisa mengakomodir masyarakat Indonesia di kota2 besar dan di luar Jawa. Jadi, menurut saya, mustahil bagi Sultan bisa menjadi Presiden RI 2009.
    Pasangan terkuat masih SBY-Kalla utk 2009. Dan sebagai ‘underdog’nya adalah Prabowo Subianto dari GERINDRA.

    Peace

  3. kingthunder / Oct 29 2008 11:53 pm

    ben>
    soory bro gw belum ada connectivity-nya, maybe later i hopy

    bangyos>
    thx bangyos makasih udah kasih banyak piiihan disini
    bless yaaa

  4. Rezza / Nov 8 2008 10:22 pm

    Bagus la kalau Sultan Yogyakarta dapat jd presiden. Hubungan dengan raja-raja di Malaysia akan bertambah erat.

  5. kingthunder / Nov 10 2008 4:42 am

    great idea .. God Bless Malaysia ..

    thx Rezza

  6. Remi Baharudin / Jul 9 2009 9:11 pm

    malu aku melihat kenyataan bahwa dijaman moderen ini ko ada orang yang mengaku raja dalam negara republik indonesia, ini menunjuukan bahwa bangsa indonesia GILA HORMAT.

    • iskandar / Nov 26 2013 6:08 pm

      sebenarnya tidak perlu malu mengaku sebagai raja dijaman modern dalam neraga republik indonesia sepanjang itu memang haknya jangan hanya mengaku2 atau pura2 saja.

  7. elias neonane / Jul 9 2009 9:28 pm

    kerajaan amanuban hingga saat ini TIDAK MEMPUNYAI RAJA KARENA BELUM ada pribadi atau Raja yang DIKUKUHKAN SECARA RESMI OLEH ADAT DALAM KERAJAAN AMANUBAN. MELALUI RESPOND INI saya sebagai rakyat asli AMANUBAN merasa heran karena ada oknum yang bernama NESI NOPE mengaku dirihnya sebagai Raja Kerajaan Amanuban. Siapa itu oknum Nesi Nope,…. ? Siapa yang mengangkat si Nesi Nope menjadi Raja Amanuban..sekarang? FSKN perlu mengecek secara jelas tentang kredibilitas oknum bernama Nesi Nope itu, apakah benar si Nesi Nope ini adalah Raja Amanuban sekarang ataukah si Nesi Nope adalah pribadi yang tidak dikenal atau pribadi misterius yang MENGAKU-NGAKU DIRIHNYA RAJA ATAU PANGERAN namun kenyataannya di Nesi Nope ini SEORANG PENIPU YANG MENIPU DI FORUM KERATON NUSANTARA dan mengaku dirih sebagai RAJA GADUNGAN KERAJAAN AMANUBAN. FSKN ini forum nya raja benaran atau forum atau kumpulan Raja-raja Gadungan…? semoga FSKN ini tidak menjadi forum Penipu yang memutarbalikan sejarah bangsa Indonesia karena berisikan orang-orang yang tidak jelas status dan identita dirih serta asal usulnya. Budaya bangsa menjadi tercederai dan ternoda karena kita bangsa Indonesia sendiri tidak menghargai budaya dan adat istiadat kita sendiri tetapi MENODAINYA. Melaui repond ini saya meminta supaya FSKN TIDAK MENJADI FORUM PENIPU DAN MEMAKAI nama Raja sebagai komoditi PEMBOHONGAN DAN PENIPU UANG NEGARA UNTUK KEPENTINGAN pribadi yang tidak betangguung jawab seperti si Nesi Nope ini. terimahkasih
    Elias Neonane., SH.,MHum

  8. yordan Nubatonis S Sos / Jul 28 2009 5:30 pm

    Kenyataannya dilapangan Benar karena sesuai data yanng kami dapat di Kantor Bupati Timor Tengah Selatan Propinsi NTT menyatakan bahwa saudara NESI NOPE adalah seorang keturunan dari Bupati TTS pertama yakni Kusa Nope. Namun saudara NESI NOPE BUKAN sekali lagi BUKAN RAJA AMANUBAN SEKARANG. Untuk forum FSKN kami atas nama masyarakat kabupaten Timor Tengah Selatan MENOLAK sekali lagi MENOLAK kehadiran oknum NESI NOPE alias pemilik truk bernama JANJIMU sebagai RAJA AMANUBAN dalam FSKN. Forum FSKN ini forum apa apaan ya…? ko bisa mengumpulkan manusia atau orang orang seperti NESI NOPE yang tidak jelas asal usulnya ko MENGAKU-NGAKU DIRIHNYA raja kerajaan AMANUBAN yang tidak resmi justru ditampung dalam FSKN sebagai raja. RAJA apa? yang cilokonya ko ada forum seperti FSKN yangn dihuni oleh ORANGN BERTABIAT PENIPU SEPERTI NESI NOPE dan oknum lainnya yang nga jelas identitasnya tetapi di restui oleh FSKN sebagai Raja . Raja gadungan dalam FSKN> Haaaaaaaaa, kacian de lu………….
    Saya Yordan Nubatoni.
    Alamat:
    Jln Amabi Kupang NTT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: