Skip to content
November 19, 2007 / kingthunder

Destinasi Wanita

Khotbah dari Ibu Indri Gautama.

Dalam acara “DOA MENGUBAH BANGSA”

Setiap anda berpotensi untuk mengubah bangsa ini. Dan pementoran sangat dibutuhkan bagi setiap orang percaya, untuk dapat mencapai apa yang mau Tuhan inginkan terjadi dalam hidup anda. Sebagaimana Yesus berbicara hati ke hati dengan muridnya, mentor memiliki akses khusus untuk berbicara hati ke hati dengan kita. Saya sendiri mengalami hal itu semenjak saya di mentori oleh ibu Naomi Dowdy. Cara pandang saya mengalami banyak perubahan. Kalau dulu saya melihat orang dari kelemahannya, yang seringkali kita di buat frustasi. Contohnya mungkin ada beberapa dari ibu2 mengalami, suami yang tidak bertobat2 dan banyak dari kita maju ke altar minta didoakan dari Rasul-Nya dan Nabi-Nya agar bisa cepat keluar dari proses ini. Banyak orang Kristen ingin cepat keluar dari proses, padahal kita perlu melalui proses tersebut. Sebab untuk kupu2 itu bisa lahir, itu ulat harus masuk ke kepompong dulu beberapa saat dan orang tidak suka berada di kepompong, orang lebih suka dari ulat langsung bisa terbang dengan cantiknya. Semua orang senang dengan kata transformasi-perubahan tapi berapa orang yang suka proses dari perubahannya. Berapa banyak suka antara proses pertobatan atau hasil pertobatan. Kalau anda mau di mentor anda harus melalui prosesnya. Anda akan di gesek2, anda akan di gosok2 dan biasanya kalau gosokannya lama akan terasa panas, kalau muncul biasanya akan keluar ledakan2 dinamit. Yang biasanya wanita itu lemah lembut, kita menjadi singa betina bukannya singa yehuda. Saya mengalami hal itu, dan itu sebabnya saya bisa mengajarkan anda keluar dari situ. Kalau dulu saya pikir waktu saya teriak2, itu sesuatu yang profetik, kuasa itu mengalir, padahal yang sebenarnya kuasa itu keluar dari mengenal Allah dan urapan. Dan Kita semua ada di dalam proses.

Saya suka akan kisah cerita dari Yohanes 5 ini dan saya banyak mengalami penginsafan lewat ayat ini, saya harap hal yang sama juga terjadi bagi anda yang memiliki potensi luarbiasa bagi Gereja Tuhan. Kisah ini berbicara mengenai proses bagaimana anda dari tempat sekarang ini, mencapai tempat dimana Tuhan mau anda berada. Sebetulnya kata “destiny” atau indonesianya destinasi diterjemahkan langsung adalah proses dimana anda masuk ketempat dimana Tuhan mau anda berada. Saya akan lebih tertarik untuk melihat kue black forest dengan buah cherry diatasnya, dengan taburan coklat dan cream dibanding hanya dua lapisan kua coklat biasa. Pemetoran akan membawa anda melihat orang seperti itu. Tidak lihat coklatnya tapi lihat black forestnya. Sebab kalau anda tidak dapat melakukan seperti ini, anda akan frustasi anda akan di intimidasi oleh setan sehingga anda akan terbelenggu di tempat dimana Tuhan tidak mau anda berada.

Firman ini berbicara pada saya 100% mengenai kehidupan saya sendiri. Ada tiga hal yang saya pelajari dari kisah ini :

1. Bahwa orang butuh melakukan sesuatu bagi dirinya sendiri daripada menunggu orang lain mengajak anda, datang pada anda untuk berbuat sesuatu.

2. Jangan menyalahkan oranglain untuk kegagalanmu, jangan menyalahkan oranglain karena engkau tidak menjadi seperti apa yang Tuhan janjikan dalam Alkitab. Ayat 7 Yesus bertanya apakah engkau mau sembuh dan laki2 ini menyalahkan oranglain yang tidak membawa dia ke air itu, padahal jawaban senderhanya “… ya saya mau sembuh”. Banyak orang kalau sudah terbelenggu dalam problem, lebih banyak bermazmur problemnya daripada keputusannya mau sembuh atau tidak. Hal yang bagus yang Yesus lihat dari orang ini, bahwa selama 38 tahun dia tetap memiliki pengharapan untuk sembuh. Demikian juga kita, apapun yang terjadi dalam hidupmu jangan sampai hilang pengharapanmu. Because when your hopeless you are helpless.

3. Ada hal2 yang dapat di raih yang saya lihat melalui kejadian ini. Kalau anda mau melihat diri anda berubah, anda musti lepaskan dirimu keluar dari batasan2 anda, jgn lihat diri anda seperti yang mata jasmanimu lihat, mulailah lihat diri anda seperti Tuhan lihat anda. Anda musti belajar akan hal ini.

Banyak orang seperti orang lumpuh ini, dia begitu nyaman dengan kelumpuhannya sampai dia kelihatan santai sekali waktu menjawab pertanyaan yang Yesus tanyakan. Saudara bisa terbiasa terbelenggu dalam problem anda sehingga akhirnya anda pikir itu pekerjaan Tuhan, anda bisa menjadi budak problem. Karna anda bertahun2 tidak pernah keluar dari situ dan anda pikir Tuhan mau anda seperti ini. Bukanlah kehendak Tuhan anda di perbudak apapun, anda merdeka dalam Kristus. Sebab itu keluar dari posisi anda, keluar dari intimidasi yang anda alami. Karena beberapa di gereja Lokal, pemimpin2 berkata seperti ini mengenai tempatnya wanita dalam geraja yaitu di sekolah minggu, jadi singer aja, bagian konsumsi, mengurus dana tetapi kalau untuk mengajar dan khotbah ngaak bisa. Saudara musti mengerti bahwa panggilan Tuhan dalam hidup anda adalah menjadi utusan Kristus. Anda musti peluk apa yang Tuhan sediakan bagi anda. Saya percaya anda tinggal di masa yang sangat menggairahkan di Indonesia-NYA.

Dalam II Kor 5:17-20 berkata anda adalah utusan Kristus. Penting sekali anda memeluk identitasmu, detik anda lahir baru, supaya anda menjadi seperti yang Tuhan mau anda jadi. Ayat 18 Tuhan mempercayakan pelayanan pendamaian artinya kita semua memiliki pelayanan. Arti dari pelayan ini adalah anda mendamaikan dunia dengan Allah. Wanita didalam gereja sekarang ini merasa nyaman dalam pelayan2 yang sekarang. Namun apapun peranan anda dalam pelayanan di gereja itu bukanlah panggilan utama anda. Panggilan utama kita adalah menjadi pelayan pendamaian Tuhan, menjadi saksi Kristus. Tuhan mau anda menerima semua ini, yang Tuhan sediakan bagi anda. Berhenti menyalahkan pendetamu, gerejamu, lingkunganmu, kalau anda tidak bisa mencapai dimana Tuhan mau anda berada.

Ada tiga hal yang harus anda lakukan, kalau anda mau masuk ke panggilan dimana Tuhan mau anda berada:

1. Anda musti bertindak. Untuk bertindak anda membutuhkan iman.

2. Untuk bisa memperoleh iman, anda musti mengandalkan pengenalan akan Firman. Saya tantang anda para wanita jadilah murid firman Allah. Harus suka belajar firman, dari situ anda dapat memperoleh iman.

3. Setelah anda mengerti firman Allah, pengertian tersebut membuat anda membuat pilihan baru. Sebab firman itu memerdekakan anda dari pemikiran yang salah, dari posisi yang salah.

Sejarah gereja memiliki banyak kekelaman mengenai peranan wanita dalam tubuh Kristus. Kita tahu bahwa setan bekerja begitu keras untuk selalu membuat diskriminasi. Banyak diskriminasi itu sudah mengalami terobosan seperti kalau dulu orang kulit hitam dianggap budak, sekarang gereja2 terbesar di Amerika di pimpin oleh orang2 kulit hitam. Salah satu diskriminasi dalam gereja yang masih kuat dipegang ialah menyangkut peran wanita.

Beberapa tokah gereja dulu bahkan berpandangan salah mengenai perempuan. Luther misalnya berkata seperti ini mengenai perempuan: “Perempuan yang di bawa keluar dari rumah tangganya, mereka tidak ada gunanya sama sekali.” “Perempuan kalau dia mati saat melahirkan, itu bagus karena dia di ciptakan untuk itu. Dari John Knox berkata seperti ini mengenai perempuan: “Kalau wanita itu di berikan jabatan daripada lima jawatan-Nya Allah, mereka akan membuat kutuk atas hidup.” “Dan wanita itu lemah, tidak sabar, cerewet, jahat, rohnya kurang dan tidak punya hikmat. Mereka di ciptakan untuk mentaati pria dan hanya melayani pria.” Tapi ada satu orang non kriten namanya Mahatma Gandhi, seorang yang hampir menjadi Kristen namun karana disakiti dia murtad lagi. Mahatma Gandhi mengkritik aliran agama di negaranya. Di agama tersebut di ajarkan istri harus melihat suami seperti Tuhan, tidak peduli karakternya seperti apa. Perempuan itu tidak punya tempat pelayaanan agama, dia tidak boleh di berikan tempat apapun di surga, hanya melayani suaminya saja, dan tidak ada tempat lebih tinggi bagi wanita di dunia, kecuali hanya bagi suaminya. Dan Mahatma Gandhi menentang dan berkata Tuhan tidak ciptakan perempuan seperti ini, mereka di ciptakan untuk tugas tertentu. Ini orang Hindu yang berbicara, bagaimana dengan kita Gereja Tuhan saat ini.

Dalam Rm 8:28-31 hal ini berlaku bagi setiap kita juga, dimana kita semua memiliki panggilan yaitu sebagai pelayan pendamaian, kita di benarkan dan dimuliakan oleh Allah. Ayat 31 anda bisa berdiri dalam panggilan Tuhan, anda bisa peluk visi Tuhan bagi hidup anda.

Kita tahu bahwa 2/3 isi gereja adalah wanita semua, itu artinya wanita musti bangkit, kita musti bergerak. Anda di butuhkan untuk melakukan tuaian besar-besaran di Indonesia, memindahkan jiwa dari kerejaan setan kepada kerajaan Allah. Biarlah firman ini mengobarkan roh anda, bahwa anda dipanggil oleh Tuhan, anda dibenarkan oleh-Nya. Tuhan memuliakan anda karena di didalam Kristus baik pria dan wanita kita menjadi satu. Amanat agung bagi pria dan wanita. Bangkitlah para wanita masuk dalam panggilanmu, anda adalah pilihan Tuhan yang sangat berharga bagi Dia, bagi Kerajaan-Nya di bumi.

Anda adalah rekan kerjanya Tuhan di bumi, Jadilah saksi-Nya dimanapun anda berada. Saat anda ada dalam posisi yang Tuhan tetapkan, maka kuasanya akan mengalir menyertai anda. Waktu hal ini terjadi, dimana pria dan wanita berada dalam posisinya, maka akan ada suara Tuhan keluar dari bangsa ini. Haleluyah !!!

One Comment

Leave a Comment
  1. harunministry / Jan 20 2009 8:46 am

    Doa mengubah bangsa, Melihat keadaan dan kenyataan bahwa suatu bangsa tak pernah akan mengalami pertobatan masal jika tidak ditempuh melalui doa. “DOA ADALAH KEKUATAN YANG TAK DAPAT DIPERHITUNGKAN MUSUH.HD” doa akan membuat bangsa RI menjadi bangsa yang mengenal dan menerima Tuhan Yesus. ayo pembaca situs berdoa, harun dethan,MA. http://harunministry.wordpress.com melalui doa kita taklukan berhala yang merajalela dinegeri ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: